Branch Our Nature: [Plant] Victoria Amazonica

Thursday, August 25, 2011

[Plant] Victoria Amazonica

Dari pengalaman, mungkin kamu tahu bahwa Lily Pad/Lili Air bukanlah tanaman yang begitu besar. Mungkin hanya sebesar tangan manusia atau lebih, namun tidak terlau besar. Sebaliknya, tanaman Victoria Amazonica ini sangat besar hingga dapat menahan seluruh tubuh manusia.Tanaman ini merupakan tanaman teratai terbesar yang pernah ditemukan.



Tidak hanya daunnya yang besar, seluruh anggota tubuh tanaman ini juga besar loh!! Panjang akarnya dapat mencapai 26 meter, daun dan bunganya dapat tumbuh hingga berdiameter 10 meter. Selain keunikannya dalam segi bentuk, ternyata bunganya dapat berubah warna. Ketika bunganya mekar pada malam pertama, warnanya putih murni. Keesokan harinya akan berubah menjadi merah muda. Meskipun indah, tanaman ini juga memiliki duri loh,. hehehe.. Jadi harus hati-hati bila ingin menyentuhnya.


Tanaman ini berasal dari lembah Sungai Amazon, tanaman ini pertama kali diperkenalkan  ke Eropa pada tahun 1837 oleh John Lindley, dan selama ini orang akan terpesona saat melihat Victoria Amazonica ini. Tanaman ini memiliki julukan Piring Air Raksasa". Awalnya, nama ilmiah tanaman ini adalah Victoria regia untuk menghormati Ratu Victoria. Tetapi, nama itu diganti menjadi Victoria Amazonica.

0 comments:

Post a Comment