Branch Our Nature: [Animal] Blobfish, Si Ikan Murung

Monday, February 20, 2012

[Animal] Blobfish, Si Ikan Murung


Ikan yang mempunyai nama latin Psychrolutes marcidus ini tinggal di perairan lepas pantai Australia dan Tasmania. Selalu menyembunyikan diri sehingga jenis habitat ini jarang sekali bisa terlihat oleh manusia. Ini karena Blobfish tinggal pada kedalaman yang memiliki tekanan puluhan kali lebih tinggi daripada permukaan air laut sehingga mengakibatkan paru-paru manusia tidak bisa bekerja dengan sempurna.


Blobfish hidup dikedalaman antara 600 - 1.200m dimana tekanannya beberapa lusin kali lebih tinggi daripada di permukaan laut yang kemungkinan akan membuat gas kandung kemih tidak efisien untuk mempertahankan daya apung. Sebagai gantinya, daging Blobfish yang berbentuk agar-agar memiliki massa lebih kecil dibandingkan air. Inilah yang menyebabkan Blobfish dapat melayang di air tanpa mengeluarkan tenaga.

Kurang relatifnya otot Blobfish bukanlah kelemahan darinya, karena Blobfish dapat memakan apa saja yang dapat dimakan yang terapung di depannya. Biasanya Blobfish makan hewan invertebrata seperti kepiting dan Sea Pens.

0 comments:

Post a Comment