Branch Our Nature: [Animal] Paederus littoralis, si Tomcat

Tuesday, March 27, 2012

[Animal] Paederus littoralis, si Tomcat


Apa kalian tahu hewan bernama Paederus littoralis? Kalau belum, hmmmm.. mungkin kalian tahu Tomcat? Kalau masih belum tahu juga, berarti kamu ketinggalan jaman tuh. Di Indonesia sedang heboh-hebohnya serangga ini, karena serangga ini memiliki racun yang bahaya untuk kulit kita. Bila kalian melihat serangga seperti gambar di atas, hati-hati ya.


Paederus littoralis  adalah serangga yang berbahaya. Serangga ini dikenal dengan nama "Tomcat" atau "Rove Beetle". Serangga ini hidup di daerah lembab, biasanya di pepohonan, tambak dan semak-semak. Serangga Paederus saat ini terdapat lebih dari 600 spesies dan distribusi di semua benua kecuali Antartika. Spesies di negara Amerika Selatan dikenal dengan nama berbeda seperti bicho de Fuego, Pito, Poto atau podo.

Racun yang dihasilkan oleh serangga ini dapat menimbulkan efek yang cukup menyakitkan bila terkena kulit atau bagian tubuh manusia lainnya. Tapi, tenang, racun ini tidak mematikan kok, hanya rasa sakitnya luar biasa. Gigitan serangga ini menyebabkan bengkak hebat, dan menyebabkan reaksi pada kulit sekitar 24 jam setelah kontak. Penderita yang terkena racun Paederin dari Tomcat biasanya akan mengalami gatal-gatal yang dalam istilah medisnya disebut Dermatitis paederus. Berbagai wabah dermatitis pernah mucul di Turki Selatan, Amazon, Afrika Tengah, Okinawa, dan India.

Tomcat tidak mengigit ataupun menyengat. Tomcat akan mengeluarkan cairan otomatis bila bersentuhan atau berbenturan dengan kulit manusia. Gawatnya, Tomcat juga akan mengeluarkan cairan pada benda-benda seperti baju, handuk, atau benda-benda lainnya. Meski tak mengigit, serangga ini memiliki cairan racun di dalam tubuh (kecuali sayap) yakni toksin hemolim. Cairan hemolim atau toksin ini disebut sebagai 'Paederin' (C24H43O9N). Pembuatan paederin sebagian besar terbatas dihasilkan oleh serangga betina.

Serangan yang dikatakan sebagai wabah Tomcat itu hanya merupakan tindakan mempertahankan diri dari ancaman musuh. Tomcat sebenarnya tidak bermusuhan dengan manusia. Jadi, mungkin ada kegiatan manusia yang mengganggu aktivitas Tomcat. Serangga Tomcat sesungguhnya adalah sahabat para petani karena termasuk jenis Paederus yang berguna untuk mengusir hama seperti wereng. Wereng merupakan mangsa bagi serangga Tomcat.

Oia, apa kamu tahu mengapa serangga ini dinamakan Tomcat? Serangga ini dinamakan Tomcat karena bila kita melihat serangga ini, sepintas mirip dengan pesawat F-14 (Pesawat tempur Tomcat).

0 comments:

Post a Comment