Branch Our Nature: [Plant] Ceropegia sandersonii, Bunga Parasut

Saturday, September 24, 2011

[Plant] Ceropegia sandersonii, Bunga Parasut

Caropegia sandersonii adalah sebuah tanaman berbunga dengan genus Ceropegia (Apocynaceae). Tanaman ini biasanya ditemukan di Mozambique, Swaziland, dan Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki nama yang banyak loh.. Nama - namanya adalah Parachute Plant, Fountain Plant dan Umbrella Plant.

Tanaman ini berbatang ramping hampir tak berbulu dan daun yang mengandung air. Akarnya membentuk sekelompok sempit fusiform. Bunganya berwarna putih - hijau, berbentuk corong dengan panjang 5 - 7cm dan terletak di batangnya yang halus. Mahkota bunganya sebagian menyatu, sehingga bunga tidak terbuka lebar. Ujung kelopak tidak terpisah sehingga membentuk atap atau payung atau kubah pada bunga, sedangkan bagian bawahnya menyatu sehingga berbentuk tabung.

Di kelopak bunga terdapat lubang yang disebut jendela. Fungsinya adalah untuk memerangkap lalat, atau serangga lainnya ketika mereka turun ke tabung mahkota. Tambut - rambut kecil yang menghadap kebawah mencegah serangga tersebut untuk keluar. Setelah terperangkap, serangga tersebut sepenuhnya diserbuki. Dan akan dilepaskan bila rambutnya melemah.

0 comments:

Post a Comment