Branch Our Nature: [Plant] Hydnora africana, Tanaman Monster dari Afrika

Friday, September 23, 2011

[Plant] Hydnora africana, Tanaman Monster dari Afrika


Tanaman ini memiliki rahang seperti ular yang membuka rahangnya, Iih.. serem kali ya..  Baunya seperti kotoran. Hueekk.. Mengapa tanaman ini bau? Nah, sebenarnya bau busuk tanaman ini memiliki fungsi loh.. Penasaran? Mari kita bahas..


Namanya diambil dari bahsa Yunani, Hydnon yang artinya jamur. Hydnora africana adalah tumbuhan parasit. Walaupun parasit, diperkirakan ia tak akan merusak inangnya. Tumbuhan yang pertama kali ditemukan oleh Carl Thunberg pada tahun 1774 ini tidak mempunyai batang, daun maupun klorofil. Akarnya tebal, cokelat, dan menyimpan air. Akar ini seperti tentakel gurita karena ada tonjolan-tonjolannya. Bunganya ada di atas permukaan tanah. Bagian luar kelopaknya cokelat gelap, sedangkan dalamnya oranye kemerahan. Di pinggirnya terdapat serabut - serabut putih. Kalau kelopaknya terbuka, tampak seperti mulut monster yang menganga. Buahnya berdiameter sekitar 80 cm dan memiliki 20.000 biji yang disukai burung, landak, tikus dan hewan lainnya.


Cara penyerbukannya unik, yaitu dengan menjebak serangga yang dipancing dengan bau busuknya. Serangga yang terpikat dengan aromanya akan masuk ke dalam bunga dan terjebak didalamnya selama beberapa hari. Selama didalam bunga, serangga itu memakan bagian dalam tubuh bunga,tanpa sengaja si serangga menempelkan serbuk sari dari bunga lain. Setelah selama beberapa hari terjebak si serangga bisa keluar. Fiuuuh….akhirnya bisa keluar juga, kasian, hahaha...

0 comments:

Post a Comment